Posted on

Apa itu RTK dan GNSS dalam Survey

metode RTK  sering didengar dalam dunia GNSS/GPS Geodetik, karena teknologi ini mengoptimalkan fungsi dari GNSS/GPS Geodetik. berkat RTK dapat menghasilkan data yang lebih akurat dan real-time menjadi lebih mudah dan gak ribet. metode RTK sekarang banyak dimanfaatkan dalam berbagai penentuan posisi. Seperti penentuan posisi penetapan batas wilayah, pendaftaran tanah, pengukuran GCP untuk fotogrametri, batas hutan, ataupun survei batimetri.

Apa itu GNSS?

Global Navigation Satellite System atau GNSS adalah teknologi yang memanfaatkan satelit gabungan milik dunia seperti GPS milik Amerika Serikat, Glonass milik Rusia, Galileo milik Uni Eropa, Beidou milik Tiongkok untuk mentransmisikan sinyal radio dengan frekuensi tinggi yang berisi data waktu dan posisi yang tepat dimanapun di permukaan Bumi.

Manfaat GNSS ini terbagi dua yaitu pemanfaatan bidang-bidang strategis seperti isu keselamatan negara, pertahanan nasional, penanggulangan bencana, mendukung industri strategis (pertanian, perikanan, perbankan, transportasi skala besar dan bidang non strategis seperti aplikasi keperluan perseorangan, hobi dan lain-lain).

Apa itu RTK (Real-Time Kinematic) GNSS?

RTK GNSS adalah singkatan dari Real-Time Kinematik Global Navigation Satelite System. Real Time artinya pada saat itu juga dan kinematis artinya bergerak. Sehingga bisa diartikan penentuan posisi metode RTK adalah penentuan posisi yang dapat memperoleh koordinat saat itu juga, walapun dalam kondisi alat bergerak-gerak.

Definisi lain dari Real Time Kinematic atau RTK adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan keakuratan sinyal GPS dengan menggunakan base station yang secara wireless mengirimkan koreksi ke rover station yang bergerak. Koordinat titik dapat diperoleh secara real-time dalam kooordinat UTM ataupun Lintang dan Bujur walaupun dalam kondisi alat sedang bergerak. GPS RTK memiliki ketelitian yang tinggi yaitu dalam fraksi millimeter (1-5 mm).


RTK GNSS

Bagaimana Cara Kerja nya?

Cara kerja nya adalah sistem Real Time Kinematic menggunakan base station dan rover station. Dengan menentukan jarak dari jumlah siklus gelombang carrier antara antara satelit dengan rover station, kemudian dikalikan dengan panjang gelombang carrier sehingga diperoleh jarak satelit ke rover station seperti pada gambar ilustrasi konsep RTK. Gelombang carrier ini bisa terganggu jika melalui vegetasi yang tebal atau di sekitar bukit yang curam. Pemilihan lokasi penting untuk meminimalkan efek lingkungan seperti interferensi dan multipath, seperti kualitas base station dan rover station dan antena. Penentuan posisi metode RTK memiliki ketelitian yang cukup baik dalam berbagai aplikasi. Sebagai contoh receiver GPS Geodetic Hi-Target V90 memiliki spesifikasi ketelitian horizontal 8 mm + 0,5 ppm dan vertikal 15mm + 0,5 ppm

Sumber:

An Introduction to GNSS

 

Baca juga : Apa itu total station

Bagikan